Bila anda berurusan/ hidup dengan orang yg anda rasa sedang mengalami tekanan jiwa, disini ada beberapa hal yang perlu anda lakukan :
1. Waspadalah terhadap tanda-tanda tekanan jiwa,
a. Kehilangan perhatian terhadap kehidupan
b. Rasa pesimisme dan tidak berdaya
c. Menarik diri dari orang lain
d. Terlalu banyak makan atau kurang makan
e. Insomnia atau sulit untuk tetap terjaga
f. Bicara tentang bunuh diri

2. Sadarilah bahwa mereka perlu bantuan. Kalau perhatian dan nasehat anda ditolak, berusahalah mmbuat orang yang menderitaagar bicara dengan seseorang yang dihormatinya mengenai masalah atau perasaannya.

3. Jangan berusaha menggembirakan mereka.Kegembiraan kita hanya mengakibatkannya semakin tenggelam ke lubang tempatnya berada. Kita harus masuk ke dalam lubang bersama mereka, mengatakan kepada mereka bahwa kita mengerti perasaan mereka dan tidak menyalahkan mereka, dan kemudian berjalanlah naik selangkah demi selangkah bersama-sama.

4. Memberi mereka dorongan untuk menyatakan perasaaan mereka . Orang yang Sanguins dan Koleris menganggap tekanan jiwa sebagai sesuatu yang bisa dimatikan dengan memencet tombol. Jawaban mereka adalah : ” Bergembiralah dan tinggalkan itu “. Kalau orang itu menanggapi dengan seketika, maka dia akan segera meninggalkannya bersama masalahnya. Orang yang tertekan jiwanya memerlukan waktu untuk mencurahkan perasaannya, untuk menyelidiki penyebabnya dengan seseorang dan menganalisis kemungkinan pemecahannya.

5. Jangan sekali-kali mengatakan kepada mereka bahwa masalah mereka adalah masalah sepele dan bodoh. Orang yang tertekan jiwanya merasa bahwa masalahnya selain nyata, mungkin juga tolol. Dia jadi marah kepada diri sendiri dan dia tahu setiap orang akan berpikir bahwa keresahannya memang hal yg pantas ditertawakan. Karena perasaan ini, dia tidak akan mengatakan kepada siapapun apa yang menganggu pikirannya. Kalau anda menyarankan dan mau berbagi perasaan , akhirnya dia akan berbagi perasaannya dengan anda.
Bayangkan apa yang akan terjadi dengan jiwanya setelah dia berbagi perasaan dengan anda dan anda menyatakan ” Wah, itu hal yang paling bodoh yang pernah kudengar.!”

Semoga bermanfaat.

*dikutip dari Personality Plus, Florence Littauer

About kistian lize

Howdy..! Glad to see you .. ^_^ . I liked read and photography. Hope you get any inspiration from here..kalo gak dapet, berarti anda belum beruntung. hehehe...Have a nice reading , ya ..^_^.!!

2 responses »

  1. Cak Arief mengatakan:

    Emangnya jiwa bisa ditekan ????

    Salam positif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s