Setujukah bahwa masa depan yang baik itu pasti akan datang ?
mungkin ada yang tidak mempercayainya.
tapi ini yang perlu anda yakini..

Masa Depan yang lebih baik itu bermula dari anak-anak yang dibesarkan dengan baik.

Mari kita melakukannya.

Hal yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak adalah orang yang merawatnya. Jadilah figure atau contoh bagi anak-anak. Bila menggendong dan mendongeng sudah tidak dapat kita lakukan lagi (padahal 2 hal itu sangat anak-anak sukai ), maka kita masih bisa melakukannya dengan :

 Menyambutnya dengan rasa rindu ketika mereka pulang sekolah, tanyakan dengan rasa ingin tau, tatap matanya.. “ bagaimana perasaanmu hari ini ? are you sad, happy, obsessed ?” bukannya :
“ bagaimana matematika mu, bagaimana IPAnya, bagaimana ujiannya ?”
 Dengarkan ceritanya dengan penuh perhatian, tanggapi, tanyakan.
 Bantu ketika dia resah, tentang PR yang tidak bisa dikerjakan, tentang temannya yang mengganggunya, tentang mainannya yang hilang dan atau tentang hal lainnya yg menurut kita gak penting. Karena bagi mereka itu adalah sangat penting
 Bermainlah dengan mereka. Bahkan ketika mereka tidak bisa memainkannya.
 Utarakan perasaan anda ketika mereka berbuat salah, bukan mengutarakan kesalahan mereka, apalagi menceritakan kenakalan mereka pada orang lain di depan mereka. Misal : “kakak, mama kecewa ketika kakak tadi melempar barang saat marah “ bukannya “ kakak, kenapa sih melempar barang.? Itu kan rusak.!”
 Jangan lupa untuk MEMUJI saat mereka melakukan suatu hal yang benar. Pujian menjadikan anak percaya diri dan ingin melakukan hal yang baik lagi.
 Saat anda marah, lelah dan sibuk , kadang kesalahan mereka menjadi begitu besar. Usahakan.. sangatlah berusaha agar tidak membentak mereka. Bersabarlah. Kenali emosi anda. Masalah yang ditimbulkan anak-anak tidak sebesar masalah yang anda timbulkan. Cobalah disadari. Marah dan kasar itu tidak menyelesaikan masalah.
Apalagi seorang ayah yang menunjukkan kemarahannya. Ayah adalah figur terakhir bagi anak2 setelah ibu. Bila ibu melakukan hal yg salah, lalu ayah juga melakukannya, maka itulah yg akan dicontoh anak-anak. Itulah yang akan mereka lakukan dan khawatirlah bila mereka akan menjadikannya kebiasaan. Bila marah itu sudah tak tertahankan, luapkan ditempat lain, mau melempar barang atau mau memukul sesuatu juga boleh asal tidak di depan mereka. . kalaupun ini masih susah dilakukan., DIAMLAH.! Lalu pergi dari sumber masalah. Tinggalkan mereka. Biarkan orang lain yang mengurusnya.
 Ajari anak anda untuk mengenali emosi. Ajari mereka untuk memanagemen emosi . misal : “ kakak, marah itu boleh. Sangat wajar bila kakak marah, tapi marahlah dengan benar. Bila kakak marah lalu berteriak dan melempar barang, itu sudah bukan marah yang baik. Lihat, kalau kakak marah, lipat tangannya, tutup matanya, hitung sampai 10. kalau masih marah, duduklah. Hitung lagi sampai 10. kalau masih marah.. mandi aja. Lalu sholat. Tuhan akan memberikan pahala yang buuanyak kalau kakak bisa marah dengan baik. Ok.. ? Tolong ingatkan mama ya, kalau mama marah, mama juga harus begitu “

Ada banyak hal lain yang sebenarnya masih perlu kita lakukan. Dan tidak ada panduan yang cukup akurat untuk mengatasi tiap masalah anak dan memahami kondisi kita masing-masing. Tapi intinya : anak-anak butuh didengar, diperhatikan dan disayangi. Jangan menaruh bara diatas kepala mereka. Bara adalah kejengkelan dan kemarahan, ketidakpuasan kita yang kita tunjukkan berkali-kali saat mereka sedang berbuat salah.

Saat kita berbuat salah pada mereka dengan melakukan hal-hal yang menyakiti mereka adalah sama seperti paku yang ditanamkan pada kayu. Kita memang bisa meminta maaf pada mereka, kita mencabut pakunya, tapi apakah lubangnya akan menutup.? Tidak.itu akan meninggalkan bekas. Janganlah hidup diatas penyesalan terhadap anak-anak anda.

Satu hal lain yang sangat penting kita lakukan adalah BERDOA. Berdoalah yang buuanyak. Sangat banyak untuk mereka. Ingatlah.. anak-anak adalah investasi besar. Mereka adalah ladang untuk berbuat baik. Panen besar dengan kualitas baik akan kita dapatkan nanti. Begitu juga sebaliknya., bila kita melakukannya dengan tidak benar, hasil yang kita dapatkan juga tidak akan baik, bahkan mungkin tidak akan tumbuh.

Sadarilah, Setiap Anak adalah BERHARGA. Sangat berharga untuk anda. Tidak ada kesuksesan yang membahagiakan selain dicintai oleh keluarga terutama anak-anak anda. Sungguh , mereka akan membayar semua yang sudah anda lakukan.

Salam sayang untuk anak-anak anda yang tercinta ..

Kistianlize ^_^

About kistian lize

Howdy..! Glad to see you .. ^_^ . I liked read and photography. Hope you get any inspiration from here..kalo gak dapet, berarti anda belum beruntung. hehehe...Have a nice reading , ya ..^_^.!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s