hiromi dan toshiku

Berangkat dari pertanyaan teman kita, cecily,  maka saya buat sequel ^_^ dari posting saya yg pertama : Mitos dan Fakta Makanan dari buku “The Miracle of Enzim-Hiromi Shinya

Seluruh jawaban dari pertanyaan di bawah ini saya suntingkan dari buku tersebut.

Pertanyaan pertama yaitu :  Ikan, mengapa lemak ikan lebih baik?

Lemak Ikan Tidak Menyumbat Pembuluh Darah Manusia

Menurut data klinis saya, terdapat satu perbedaan mutlak antara “usus yg makan daging” dgn “usus yg makan ikan”. Pasien2 saya yg menu makannya berkisar pada ikan tidak membentuk divertikula, seburuk apapun karakteristik ususnya yg lain. Mereka yg mengkonsumsi sangat sedikit daging atau tidak mengkonsumsi daging sama sekali, tetapi mengkonsumsi banyak ikan, memiliki dinding usus yg mengejang dan kaku, tetapi tidak pernah sedemikian jauh hingga membentuk divertikulasis.

Apakah yg menyebabkan perbedaan dlm karakteristik usus ini ? saya yakin perbedaannya adalah jenis lemak yg ditemukan pada daging dan ikan.

Perbedaan antara lemak di dalam daging dan ikan adalah asam lemak jenuh (daging) buruk bagi tubuh, sementara asam lemak tak jenuh (ikan) baik krn menurunkan kadar kolesterol anda. Ada satu cara yg lebih mudah untuk memikirkan hal ini, yaitu dgn mengambil manusia sebagai standar. Lemak dari hewan yg suhu tubuhnya lebih tinggi dari suhu tubuh manusia sebaiknya dianggap buruk dan lemak dari hewan yg suhu tubuhnya lebih rendah dari manusia dpt dianggap baik.

Suhu tubuh sapi, babi atau burung biasanya 38,5ºC- 40ºC. lebih tinggi drpd suhu tubuh manusia (37ºC) . Suhu tubuh ayam bahkan lebih tinggi, yaitu 41,5ºC. Lemak dari hewan2 ini berada dalam keadaanyg paling stabil pada suhu tubuh hewan tsb. Oleh karena itu saat memasuki lingkungan bersuhu lebih rendahdalam tubuh manusia, lemak ini menjadi lengket dan mengeras. Lemak lengket ini mengentalkan darah., aliran darah yg mengental menjadi lambat dan darah di dalam pembuluh darah mjd stagnan dan tersumbat.

Sementara itu karena ikan adlh hewan berdarah dingin, dalam kondisi normal suhu tubuh mereka jauh di bawah suhu tubuh manusia. Apa yg terjadi saat lemak ikan memasuki suhu tubuh manusia ? Bagaikan lemak yg anda panaskan di wajan, lemak ikan meleleh mnjadi cair. Minyak ikan saat memasuki aliran darah manusia, menyebabkn darah menjadi encer dan mengurangi kadar kolesterol jahat dlm darah.

Bahkan jika seseorang mengonsumsi lemak dengan jumlah gram yg sama, nyata bahwa ikan lebih baik bagi tubuh manusia drpd hewan berdarah panas krn lemak ikan memasuki aliran darah dlm bentuk cair.

Pertanyaan ke dua yaitu : Apa efek dari tidur siang.

Power Nap adlh tidur sejenak untuk memulihkan tenaga selama 5 menit.

Setelah makan siang, biasakan diri untuk tidur sebentat selama 20-30 menit. tetapi jika pada waktu2 lain merasa lelah, saya melakukan power nap. Yang paling penting saat tidur sejenak adlh beristirahat dalam posisi relaks. Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana anda dapat menghilangkan kelelahan hanya dalam 20-30 mnit. power nap ini berhasil karena istirahat singkat mengijinkan tubuh menyeimbangkan diri– inilah homeostasis. Istirahat dan tidur mengembalikan fungsi-fungsi seluruh tubuh yg sudah lemah, seperti aliran darah aliran getah bening, sistem saraf, dan sekresi internal agar kembali normal.

Bagaimana istirahat dapat memperbaiki homeostasis tubuh anda? Saat dalam keadaan terbangun dan aktif, artinya anda menggunakan semakin banyak enzim. Oleh karena itu jika anda beristirahat dlm posisi yg relaks, bbagai fungsi tubuh juga beristirahat selama saat itu, dan enzim tidak digunakan untuk beraktifitas maupun bergerak. Enzim-enzim pun bebas untuk bekerja di area-area yg kelelahan untuk mmbantu mengisi tenaga dan mengembalikan homeostasis.

Kenyataannya, jika beristirahat 5-10 menit saja saat anda merasa ngantuk atau lelah, anda akan lebih cepat pulih. Jika terus bekerja saat anda merasa lelah dan mengantuk, ini tidak akan memperbaiki efisiensi anda secara keseluruhan.

Pertanyaan ke tiga : Mengapa tidak boleh mengkonsumsi teh hijau, teh hitam, teh jepang

Miskonsepsi mengenai Makanan yang Banyak Dipromosikan

Apakah ada sesuatu yang anda perhatikan secara khusus ketika anda berusaha untuk menjaga kesehatan ? apakah anda sangat disiplin dalam berolahraga secara teratur, makan dengan baik, serta minum suplemen dan obat2an herbal ?

Tujuan saya bukanlah mengkritik kebiasaan makan dan gaya hidup anda saat ini. Saya sangat menyarankan, setidaknya sekali dalam sehari, anda memeriksa kondisi kesehatan anda sendiri dan mempertimbangkan apakah kebiasaan2 dan gaya hidup anda itu benar2 efektif dalam menjaga kesehatan anda.

Saya mengatakan hal ini karena banyak produk yg pada umumnya dianggap “ baik untuk anda” sebenarnya mengandaung hal-hal yang dapat merusak tubuh anda.

Dalam kenyataannya saya belum pernah menemui satu orang pun yang mengonsumsi yogurt setiap hari masih memiliki kondisi usus yang baik. Banyak orang Amerika yg minum susu setiap hari dan mengkonsumsi produk2 susu sejak kanak-kanak, teteapi banyak dari orang2 yg sama menderita osteoporosis, yg seharusnya dicegah oleh kalsium yg terkandung dlm susu. Sebagai seorang dokter berkebangsaan Jepang-Amerika, saya merawat pasien2 di Tokyo selama beberapa bulan setiap tahunnya. Saya menemukan bahwa orang2 Jepang yang meminum teh kaya antioksidan secara teratur juga memiliki karakteristik lambung yg angat buruk. Para penganjur teh, contohnya, yang meminum banyak sekali teh hijau sebagai bagian dari pekerjaan mereka, sering menderita penyakit Gastritis Atrofi, yang  merupakan awal kanker lambung.

“ Seseorang dengan fungsi pencernaan yang buruk bukanlah orang yang sehat “

Misal teh hijau, Tidak dapat disangkal lagi bahwa teh hijau, yang mengandung banyak antioksidan, dapat membunuh bakteri dan memiliki efek antioksidan yang positif. Sebagai akibatnya terdapat suatu kepercayaan yang menyebar luas bahwa mengkonsumsi banyak teh jepang akan memperpanjanghidup anda dan mungkin dapat membantu mencegah kanker. Namun, sudah lama saya merasa sangsi terhadap “ mitos antioksidan “ ini. Dan memang, data klinis saya menyangkal kepercayaan umum ini. Dengan meneliti pasien-pasien, saya menemukan bahwa orang2 yang minum banyak teh hijau menderita masalah lambung.

Memang benar bahwa antioksidan yang ditemukan dalam the adalah antioksidan berjenis polifenol, yang mencegah atau  menetralisasi efek radikal bebas yang merusak. Namun jika beberapa antioksidan tersebut menyatu, mereka menjadi sesuatu yang disebut Tanin.

Tanin menyebabkan beberapa tumbuhan dan buah-buahan memiliki rasa sepat. Rasa  “pahit“  dalam buah kesemek yang pahit, misalnya, disebabkan oleh tanin. Tanin mudah teroksidasi, maka tergantung pada banyaknya zat itu terkena air panas atau udara, dengan mudah ia dapat berubah menjadi asam tanat. Terlebih lagi asam tanat berfungsi membekukan protein. Teori saya adalah bahwa teh yg mengandung asam tanat memiliki efek negative pada mukosa lambung – yaitu selaput lendir yg melapisi lambung – sehingga menyebabkan orang tersebut menderita berbagai masalah lambung, seperti tukak lambung.

Kenyataannya, ketika saya menggunakan endoskop untuk memeriksa lambung mereka yg secara teratur meminum teh (teh hijau, teh cina, teh hitam inggris, ) atau kopi yg mengandung banyak asam tanat, biasanya saya menemukan mukosa lambung mereka telah menipis akibat perubahan atrofi. Lapisan lambung yg begitu penting itu menyusut begitu saja. Perubahan atrofi yg kronis atau maag kronis dapat berubah menjadi kanker lambung.       

Saya bukanlah satu-satunya tenaga medis professional yg menemukan efek-efek buruk minum kopi dan teh. Dalam Konferensi Kanker Jepang pada September 2003 Profesor Masayuki Kawanishidari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Mie mengajukan sebuah laporan yg menyatakan bahwa antioksidan dapat merusak DNA . Terlebih lagi banyak jenis teh yg dijual di supermarket kini menggunakan zat-zat kimia pertanian dlm proses penanamannya.

Jika anda mempertimbangkan efek asam tanat, sisa-sisa zat kimia pertanian dan kafein digabung menjadi satu, anda tahu mengapa saya menyarankan untuk meminum air putih drpd teh. Namun bagi anda yg menyukai teh dan tidak dapat berhenti meminumnya, saya menganjurkan anda menggunakan daun teh yg ditanam secara organic, meminumnya setelah makan dan bukan dengan perut kosong untuk menghindari tekanan berlebih pada lapisan lambung anda, serta membatasinya menjadi sekitar 2-3 cangkir saja per hari.

Ok, semoga tambahan informasi ini bisa membantu anda untuk menentukan bagaimana gaya hidup dan pola makan anda. Coba dengarkan “suara-suara” dari tubuh anda karena andalah yg tahu apakah tubuh anda sehat atau tidak.

Tetap semangat ya.!

salam,

Kistian ^_*V


About kistian lize

Howdy..! Glad to see you .. ^_^ . I liked read and photography. Hope you get any inspiration from here..kalo gak dapet, berarti anda belum beruntung. hehehe...Have a nice reading , ya ..^_^.!!

3 responses »

  1. Cicely mengatakan:

    terima kasih untuk postingan tanggapannya.

    saya mau bertanya lagi kalau boleh..
    apa anda tahu mengenai mitos yogurt yang tidak baik bagi kesehatan karena menimbulkan racun dalam usus besar?
    benarkah begitu?

    terima kasih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s