Pernah denger “mensana in corpore sano?” dulu waktu masih jaman Pak Harto, sering nih denger kalimat begini. “Di dalam Tubuh yang Sehat Terdapat Jiwa yang Kuat” ternyata bukan cuma slogan. Mungkin anda pikir anda sehat karena sedang tidak sakit. tapi ternyata pengertiannya lebih dari itu. Indikasi tubuh yang sehat beberapa diantaranya adlh :

  1. Tinggi dan Berat Tubuh seimbang (lingkar pinggang wanita tdk lebih dari 80 cm dan utk pria 90 cm, kalo lebih, berarti ada kemungkinan hati anda bermasalah, atau kolesterol dan lain2)
  2. Kulit bersih, kenyal dan lembab ( tidak kering dan tidak terlalu beminyak), termasuk juga tidak ada masalah pada kulit seperti jerawat, panu, kurap kudis dll
  3. Kuku berwarna kemerah mudaan, tidak berlekuk, tidak kuning tdk mudah patah (bisa saja anda kekurangan zat besi atau radang tenggorokan)
  4. BAB setiap hari ( pup” yg sehat adlh yg berwarna kuning, tidak keras dan tidak juga terlalu lembek aplg encer)
  5. Tidak ada bau mulut (walopun nafas anda tidak selalu segar, paling tidak nafas anda tidak boleh berbau)
  6. Rambut tidak rontok. (kerontokan yg normal dlm sehari 40 helai saja)
  7. warna air seni kuning pucat atau bening bukan putih dan bukan pekat, aplg merah
  8. Detak jantung orang dewasa 60-100 per menit
  9. Mata cerah, bersih dan berkaca-kaca
  10. Punya waktu tidur yg cukup (6-8 jam sehari)

waw.! banyak juga ternyata.. seandainya saya bisa membahas semuanya..

tapi yg ingin saya bagikan saat ini adalah kualitas tidur. ternyata tidur yg nyenyak itu penting. waktu tidurnya 6-8 jam dan tanpa terputus. gak terbangun berkali2, gak gelisah dan gak usah mimpi. tapi.. susah sekali kaaan mau dapet tidur model begini ? aplg buat yg punya bayi, atau rumahnya banyak nyamuk atau tidur disebelah teman yg suka ngorok atau ngigau..

kadang kalau sdh terlalu capek krn aktifitas sehari-hari yg padat, bikin kita gak bisa tidur, atau bisa tidur tapi pagi harinya..BADAN PEGEL SEMUA..!

dan itu bikin gak mood.! tidak bercahaya. tidak bersemangat. mo berangkat kerja males, mo mikir juga loadingnya lambat. eh.. hiburannya ke FB. di FB.. maunya curhat. tapi yg keluar sumpah serapah, nulis status yg negatif dan sedih-sedih.. yaaah… gitu dweeh..!gitu kan.? gitu kan.?ngaku aja deh.., biar aku ada temennya. hehe…

Anda tidak pernah tahu kan berapa orang yg membaca status anda. 10 orang? 20 ? atau 100 ? dan setiap hari lagi.

semakin banyak orang membaca anda semakin banyak penilaian terhadap anda. pribadi seperti apakah anda. Penuh semangat, ceria, pintar, pemaaf, baik hati atau…. penyendiri, egois, putus asa, pengeluh dan suka menyalahkan orang lain ?

percaya atau tidak, status itu berpengaruh pada yg membaca dan terutama yg dibaca.

pengaruh pada yg membaca adalah berbeda2. ikut senang, jadi semangat, jadi tahu atau…mengasihani anda.

Tapi pengaruh pada anda.. : ” Tanam jagung tumbuh jagung, tanam duren tumbuh duren” pengertian saya, kalo kita memberi kata2 yg baik, kita akan mendapat penilaian yg baik dan kalo kita memberi kata2 ato kalimat tidak baik, penilaian kpd anda juga akan tidak baik.

Kalau cuma sekali sih lumrah dan wajar. tidak ada orang yg tidak punya masalah sepanjang hidupnya. suatu saat seseorang pasti mengalami stress, out of control dan dia perlu menumpahkan pada sesuatu, mengeluarkan racun dari tubuhnya. Tapi alangkah baiknya bila tidak terlalu sering berkata negatif di depan umum. dalam kehidupan nyata maupun maya.

hohoho… saya perlu bernafas sebentar…

ok..

begini.. (ssst… serius.) saya juga pernah stress.ūüė¶

Bbrp bulan ini mmg saya tdk punya model tidur ideal spt itu. efeknya bukan cuma ke status FB tapi ke keluarga juga. ke anak2, ke suami dan pada diri sendiri. selalu sensitif dan emosi tidak terkontrol. saya tau ada yg salah dgn saya krn biasanya saya adalah orang yg sabar, humble dan bersahaja.. (ciiiiit..!! tuing…tuing..!).¬† saya harus menjadi orang baik. gak usah terlalu baik, tp paling gak.. bangun tidur senyum, ketemu anak2 yg rewel tetap senyum dan menyiapkan sarapan suami dgn senyum. senyum yg tulus. bukan senyum kecut, bukan ketawa kuda. dan gak pake monyong sama sekali.

Untuk itulah, saya harus melakukan sesuatu supaya rumah aman terkendali dan suami tetap merindukan saya. V^_^V

Yang saya lakukan adalah :

menata ulang jadwal tidak senonoh saya.¬† Selama ini jadwal saya dari hari ke hari tidak jelas. jadwal saya terdiri dari “kadang-kadang”¬† sedangkan jadwal pasti saya hanyalah nonton drama korea setiap jam 10 malam. “hadeeeh… memang tidak senonoh, kan.?

Lalu saya melakukan langkah ke 2 yaitu : tidur lebih awal. maksimal jam 10 malam harus sudah membaca doa tidur. dgn jadwal yg tidur lebih awal, bangun pagi juga lebih awal sehingga gak buru2 nyiapin segala sesuatunya. (eh, ini kan masih langkah pertama : mengatur jadwal, ya..?)

Langkah ke 2 : selalu membaca buku pengembangan diri dan motivasi setiap 15 menit sehari. Eh, ternyata membaca buku gituan itu bagus loh, daripada baca koran ato nonton tv yg isinya kriminal..tau nggak, kalo yg kita makan, semua yg kita masukkan ke dalam mulut adalah makan yg sehat, organ di dalam tubuh juga bekerja maksimal dan keluarnya juga bagus. and then.. makanan otak apa.? pikiran-pikiran yang bagus. yang positif. ntar keluarnya di mulut juga bagus. ok.?! ok, kok. beneran.

Langkah ke 3 : Makan makanan yang sehat, perbanyak sayur buah, olahraga .. (sst.. yg ini kadang-kadang. hehe..) lalu minum FOOD SUPLEMEN ORGANIK : Cal mag D  dgn komposisi kalsium, Magnesium dan vitamin D.

kalo mau dianggap promosi sih gak papa. bagus juga. tp ambil saja informasinya. saya baru tau kalau kalsium magnesium vit D yg saya minum bisa merelakskan atau meregangkan otot yg kaku di leher dan otot2 kaku di tempat lain. bagus juga buat penderita darah tinggi.

saya minum itu plus vitamin C. luar biasa.. bangun pagi rasanya segar. otot gak kaku, gak pegel, bibir gak monyong, dan yg paling penting.. otak encer. fresh. Langsung jelas terbayang apa yg akan saya lalkukan hari itu…

gak percaya.? coba saja.! gak usah produk saya deh. walopun produk saya yg terbaik, krn perusahaannya jelas, serifikat halal dan sertifikat organiknya juga ada, tapi gak semua orang mau kan.? gak papa. coba aja produk  lain dan rasakan. minum cal mag D sebelum tidur dan rasakan manfaatnya.

* note : hati2 bila menggunakan obat2an kimia dlm jangka waktu lama krn akan berakibat buruk pada organ dalam tubuh anda. lebih baik cari food suplemen yang benar-benar organik.

ok, itu aja. Tetap semangat ya..!  dan jangan lupa tetap : THINK POSITIF, SAY POSITIF and DO POSITIF

salam,

Kistian Nii.. ^_*

About kistian lize

Howdy..! Glad to see you .. ^_^ . I liked read and photography. Hope you get any inspiration from here..kalo gak dapet, berarti anda belum beruntung. hehehe...Have a nice reading , ya ..^_^.!!

4 responses »

  1. putri2wotan mengatakan:

    hehe…keren tulisannya, lucu. Ada sudut pandang baru buat memandang masalah yang sudah umum.

  2. imurelsa mengatakan:

    Tulisannya bagus mbak,,original n bermanfaat^^.
    salam kenal mb kistian =)

  3. kistian mengatakan:

    Terimakasih imurelsa.., senang sekali sy dikunjungi.
    salam kenal jg, ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s