Tubuh anda memiliki kemampuan luar biasa untuk menyembuhkan diri sendiri. Tubuh anda adalah satu-satunya sistem penyembuhan yang dapat membawa anda kembali seimbang pada saat penyakit menyerang. Obat memang dapat membantu tubuh dalam keadaan darurat, pembedahan mungkin diperlukan dalam keadaan tertentu, tetapi hanya tubuh anda yang memiliki kemampuan untuk sembuh. hal ini telah dipelajari selama beberapa dekade dan memeriksa beratus-ratus ribu orang oleh seorang Dokter Ahli Endoskopi Gastrointestinal : Dr. Hiromi Shinya, MD

Jika sistem pencernaan seseorang bersih, tubuh orang tersebut dapat melawan penyakit jenis apapun dengan mudah, di pihak lain, jika sisitem pencernaan seseorang tidak bersih, orang tersebut akan rentan menderita suatu penyakit.

Secara spesifik, apakah yang harus dilakukan oleh seseorang untuk menjaga lambung dan ususnya dengan baik?

Dari data yg telah dilakukan dari berbagai kuisioner selama bertahun-tahun tentang pola makan dan gaya hidup, ditemukan bahwa seluruh tubuh dan fungsinya yang tak terhitung banyaknya itu ternyata ditentukan oleh : Enzim. ” Enzim adalah protein dalam tubuh yang membantu proses biologis berlangsung lebih cepat “.

Jumlah Enzim adalah kunci kesehatan

Dari sekitar 5000 jenis enzim yang bekerja dalam tubuh manusia, terdapat 2 kategori luas : 1. Enzim yang dibuat di dalam tubuh dan 2. Enzim yang datang dari luar, dalam bentuk makanan. Diantara enzim yang dibentuk di dalam tubuh , ada sekitar 3000 jenis dibuat oleh bakteri2 usus.

Ah, kalo saya tulis lengkap mungkin akan terlalu panjang dan bikin bosen bacanya. Saya tuliskan yang penting aja ya.. saya langsung pada :

MITOS tentang makanan :

  1. Konsumsi yogurt setiap hari dapat meningkatkan fungsi pencernaan.
  2. Minum susu setiap hari dapat menghindari kekurangan kalsium.
  3. Berusahalah untuk mempertahankan asupan tinggi protein.
  4. Rebuslah air ledeng sebelum meminumnya untuk menyingkirkan sisa –sisa klorin.
  5. Konsumsi banyak teh hijau dapat mencegah radikal bebas
  6. Makan nasi dan susu membuat  berat badan bertambah.

Padahal, FAKTAnya adalah :

  1. makan daging tidak akan memberikan stamina. Menyantap daging mungkin memang mempercepat pertumbuhan, tetapi juga akan mempercepat proses penuaan.
  2. Ada 6 alasan mengapa Asupan Tinggi Protein Berbahaya Bagi Kesehatan
  3. Semakin banyak antasida, justru akan mempercepat rusaknya lapisan lambung. (tidak percaya kan, tapi itulah yang terjadi).
  4. Semakin cepat muncul efek suatu obat, semakin kuat pula racun yang dikandungnya.
  5. Obat2an menguras sejumlah besar enzim pangkal ; yang paling keras adlh obat anti kanker. Itulah salah satu alasan mengapa obat antikanker TIDAK menyembuhkan kanker.
  6. Bubur tidak dapat dicerna dengan baik karena tidak banyak enzim yang tercampur di dalamnya. (karena itulah mengunyah makanan sangat penting karena di air liur kita banyak terdapat enzim).
  7. MINUM SUSU terlalu banyak dapat menyebabkan osteoporosis.
  8. Tidak ada makanan lain yang lebih sulit dicerna daripada susu. (banyak kasus balita yangg suka sekali minum susu akan mengurangi makanan pendamping yang lain karena lambungnya masih penuh)
  9. Minyak adalah makanan yang paling mudah teroksidasi.

Masih ada beberapa fakta lain tentang susu yang tidak saya tuliskan disini.

(bila ingin mengetahui beberapa fakta diatas secara lengkap, silahkan balas blog ini. Saya menerima setiap pertanyaan yg dibutuhkan. Terimakasih)

Makanan seimbang yang paling cocok buat manusia :

  1. Rasio makanan nabati dan hewani adalah 85-90 % berbanding 10-15%
  2. Secara keseluruhan, biji2an sebaiknya 50%, sayuran dan buah2an 35-40%, serta daging 10-15%.
  3. Santaplah biji2 an yang tidak digiling, yang secara keseluruhan membentuk 50% makanan.

Sedikit TIPS :

1. Jika sesekali harus menyantap gorengan, singkirkan lapisan tepungnya dan tidak menyantap bagian yang berminyak. Kunyah dengan baik dengan air liur anda krn ini qmembantu menetrlisasi asam lemak lemak trans hingga kadar tertentu.

2. Mengunyah dengan baik, bagus untuk mengurangi berat badan.

3. Makanan hewani sebaiknya dari hewan yang bersuhu tubuh lebih rendah daripada manusia, seperti ikan.

4. Mengunyah dengan baik (40-70 kali setiap suapan) dan usahakan untuk menyantap porsi-porsi kecil.

Hal yang menguras Enzim :

  1. Konsumsi Alkohol ato tembakau
  2. Telalu banyak makan
  3. Konsumsi makanan yang mengandung bahan tambahan makanan
  4. Penggunaan obat2 an
  5. Makanan BASI yang memproduksi racun dalam usus besar
  6. Sinar UV dan gelombang elektromagnetik yg menghasilkan radikal bebas
  7. Stress secara emosi

3 cara menghemat enzim pangkal :

1. Tidak mengonsumsi makanan secara brlebihan.

2. mengonsumsi makanan seimbang yang terdiri dari makanan alami dan segar.

3. Mengunyah makanan dengan baik

Jika tubuh memiliki enzim yang banyak, energi untuk hidup dan sistem kekebalan pun meningkat. Hindarilah menguras enzim tubuh anda – jagalah jumlah enzim yang cukup – dan tubuh anda akan sehat.

Ada 7 kunci emas untuk hidup sehat..

1. Menu makanan yang baik, yaitu terdiri dari :

  1. 85-90% makanan nabati berupa 50% biji-bijian, sayuran dan buah-buahan (yang paling baik adalah yang ditanam secara organik, karena bahan kimia hanya memboroskan ‘energi dan enzim’ yang sebenarnya bisa dipakai untuk keperluan lain tubuh kita ), 30%sayuran hijau dan kuning serta umbi2an, 5-10% buah2 an
  2. 10-15% berupa protein hewani, sumber paling baik adalah ikan kecil (karena ikan besar mengandung merkuri) dan konsumsi daging sapi atau domba harus dibatasi atau dihindari., telur, susu kedelai, keju kedelai, susu beras, susu almond.

Makanan tambahan untuk menu makan :

  1. teh herbal
  2. tablet rumput laut
  3. Ragi untuk pembuatan bir (sumber vitamin B kompleks dan mineral yang bagus)
  4. Bee pollen
  5. Supplemen Enzim
  6. Suplemen Multivitamin dan multimineral

Makanan dan bahan yang harus dihindari/dibatasi : teh hijau jepang, teh cina, kopi, makanan yang manis dan gula, nikotin, alkohol, cokelat, lemak dan minyak, garam meja biasa (gunakan garam laut yang mengandung mineral)

2. Mengkonsumsi air yang baik yaitu air yang memiliki kekuatan reduksi yang besar, yang belum terpolusi oleh zat-zat kimia.

  1. Orang dewasa sebaiknya minum 6-10 gelas setiap hari
  2. Minum 1-3 gelas air setelah bangun tidur pagi hari
  3. Minum 2-3 gelas air sekitar 1 jam sebelum setiap waktu makan

3. Pembuangan yang teratur

Mulailah untuk membiasakan melakukan BAB secara terartur setiap hari, Jangan gunakan obat pencahar, jika pergerakan usus anda lambat untuk menyingkirkan racun, pertimbangkan untuk menggunakan enema kopi.

4. Olah raga secukupnya.

Olahraga yang sesuai dengan usia dan kondisi fisik . Beberapa jenis olahraga yang bagus adalah berjalan kaki (4 km), berenang,  tenis, bersepeda, golf, yoga, bela diri, aerobik.

5. Istirahat yang cukup

a. Pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam dan dapatkan tidur 6-8 jam tanpa terputus

b. Lakukan tidur singkat setelah makan siang (sekitar 30 menit)

6. Pernapasan dan meditasi

a. Bermeditasi

b. Berpikiran positif

c. Kenakan pakaian longgar yang tidak menyesakkan napas

7. Kebahagiaan dan cinta

a. Kebahagiaan dan cinta akan meningkatkan faktor enzim tubuh, terkadang bagai keajaiban

b. Luangkan waktu untuk sikap menghargai

c. Menyanyilah, Menarilah, Tertawalah.

d. Hidup penuh semangat dan hadapi hidup, pekerjaan dan orang-orang yang Anda cintai dengan sepenuh hati.

Banyak sekali informasi yang saya dapat dari buku ini. Penjelasannya lengkap, bahasanya bagus, kertasnya bagus, sampulnya hard cover. Ada ringkasan di tiap bab. Bagus deh. Kalo ingin tahu yang selengkap-lengkapnya saya rekomendasikan, Buku : The Miracle of Enzim , Hiromi Shinya, MD.

Ok, terimakasih.

Salam buat keluarga ya..

About kistian lize

Howdy..! Glad to see you .. ^_^ . I liked read and photography. Hope you get any inspiration from here..kalo gak dapet, berarti anda belum beruntung. hehehe...Have a nice reading , ya ..^_^.!!

2 responses »

  1. Cicely mengatakan:

    saya mau bertanya..

    perbedaan apa yang terkandung dalam makanan yang berasal dari hewan bersuhu tubuh lebih rendah daripada manusia, seperti ikan?

    apa efek tidur siang setelah makan?

    mengapa teh hijau jepang, teh cina, dan cokelat sebaiknya dibatasi?

    terima kasih.

    • kistianlize mengatakan:

      Halo cicely.. trmksh atas pertanyaannya, saya sdh menuliskan jawaban pertanyaan ini di posting saya berikutnya. silahkan dikunjungi : Mitos dan Fakta Makanan (2) ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s